​Marioriwawo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibukota dari kecamatan ini yaitu Takalala. Jarak tempuh antara kecamatan ini ke kota makassar kurang lebih 175 KM via Buludua. Memang untuk memasuki wilayah ini dari kota Makassar terdapat beberapa jalur yang dapat dilewati yakni via Buludua (terdekat), via camba, dan via Pare-Pare (terjauh). 

Wilayah ini di sebelah selatan berbatasan lansung dengan Kabupaten Barru dan di sebelah barat dan utara berbatasan lansung dengan Kabupaten Bone. sedangkan untuk wilayah timurnya berbatasan dengan Kecamatan Liliriaja, Kab. Soppeng.
Sebagian besar wilayah dari kecamatan ini adalah daerah pegunungan, jadi tidak salah kalau daerah ini terkenal dengan suhu yang dingin dengan pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata.

 Sebagian besar Mata pencaharian penduduk wilayah ini adalah bertani, baik petani kebun maupun petani persawahan. Hasil pertanian yang paling banyak dihasilkan yaitu kakao dan beras. Selain itu tidak sedikit pula penduduk dari kecamatan ini adalah pedagang dan pegawai. 

Wilayah ini sangat potensial di jadikan sebagai tujuan wisata, terdapat banyak tempat yang betul-betul masih alami, ditambah pemandangan persawahan yang tidak kalah dengan Ubud Bali. Kalau anda memasuki wilayah kecamatan ini via Bulu Dua, pesona alam yang indah ini akan menyambut perjalanan anda.