Musrenbang Kelurahan TettikenraraE berlangsung alot

Pemerintah Kelurahan TettikenraraE melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan yang dilaksanakan di di Aula Kecamatan Marioriwawo pada 07-02-2017 yang mana acara tersebut merupakan tahapan awal perencanaan pembangunan 2018. Acara dimulai oleh panitia tepat pukul 14:00 WITA dan di buka langsung oleh Lurahnya,  Yudassirun, S.Sos, M.Si yang yang didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pengantar dari Lurah TettikenraraE. Lurah TettikenraraE, dalam pengantarnya mengharapkan setiap yang hadir dapat aktif dan terlibat dalam kegiatan tersebut demi hasil yang maksimal yang diinginkan bersama.

Musrenbang tersebut dihadiri oleh Camat Marioriwawo dan Bappelitbanda yang diwakili sekretarisnya yang juga diberi kesempatan dalam memberi sambutan. Hadir pula Ketua LPMK,  perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh masyarakat,  agama, pemuda, RT, RW dan masyarakat yang ingin terlibat langsung dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Camat Marioriwawo, Hadi Indra Jaya, S.Ip. menyinggung tentang harapan beliau kepada Bappelitbangda untuk penambanhan kuota prioritas usulan hasil musrenbang Kecamatan Marioriwawo yang jumlahnya sama (35 usulan) dengan kecamatan lainnya, sementara jumlah desa dan wilayah lebih besar dari kecamatan lain. Begitu pula Pagu Indikatif Kewilayahan yang ingin difokuskan di Kelurahan karena kelurahan tidak ada dana DAD dan ADD seperti di desa-desa.

Pada sesi singkronisasi program kegiatan OPD dengan prioritas pembangunan kelurahan hasil Pra Musrenbang yang dipimpin langsung oleh Ketua LPMK TettikenraraE Ardi Doma, terjadi diskusi yang alot. Hujan pertanyaan oleh peserta kepada perwakilan OPD sebagai bentuk keaktifan dan perhatian mereka pada pembangunan didaerahnya tak jarang berakhir dengan perasaan kecewa karena usulan yang tidak tercover, atau perwakilan OPD tidak mampu menjawab pertanyaan karena bersifat terlalu teknis. Sampai akhirnya para peserta tidak sadar akan waktu hingga acara ditutup pada pukul 18:00 meskipun beberapa perwakilan OPD belum memaparkan bekal yang dibawa dari organisasinya.

Camat Marioriwawo, Hadi Indra Jaya, S.Ip mengatakan, “Ini akan sulit ditemukan di tempat lain. Masyarakat antusias,  semua aktif semua berpartisipasi. Serunya diskusi menunjukkan bahwa elemen masyarakat sangat antusias dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di daerahnya. Mereka ingin berperan aktif menyuarakan keinginan mereka yang merupakan kebutuhan prioritas dalam membangun Kelurahan TettikenraraE.”

Selain di Kelurahan TettikenraraE, di waktu yang bersamaan diadakan pula musrenbang desa/kelurahan di Kelurahan Labessi dimana Pihak Kecamatan diwakili oleh Sekretaris Camat A. Ashar Afwan, S.STP., yang beberapa waktu sebelumnya dihari yang sama dilaksanakan pula Musrenbang desa di Desa GoariE dan Marioritengnga.

Penulis: Hati Mario

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*