Kelurahan dipimpin oleh Kepala Kelurahan yang disebut Lurah yang mempunyai tugas membantu atau melaksanakan sebagian tugas Camat dalam penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan dan pelayanan masyarakat, memelihara ketentraman, ketertiban umum, memelihara sarana, prasarana dan fasilitas pelayanan umum, serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat, sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Lurah mempunyai fungsi:

  1. penyusunan kebijakan, progran dan kegiatan penyelenggaraan tugas Kelurahan;
  2. pembinaan, pemberian dukungan pelaksanaan tugas Sekretaris dan Kepala Seksi;
  3. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas Kelurahan;
  4. pelaksanaan fungsi lain yang di berikan oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.

Rincian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana program dan kegiaran kelurahan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada Sekretaris dan Kepala Seksi agar tercipta distribusi tugas yang merata;
  3. Mengatur pelaksanaan tugas pokok kelurahan agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup Kelurahan;
  4. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas Sekretaris dan Kepala Seksi agar dapat berjalan optimal;
  5. Membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan pemerintahan di wilayah Kelurahan;
  6. Membina, mengoordinasikan dan melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  7. Membina, mengoordinasikan dan melaksanakan kegiatan pelayanan masyarakat;
  8. Menjaga dan memantau serta memelihara ketentraman dan ketertiban umum;
  9. Membina, mengoordinasikan dan melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana serta fasilitas umum;
  10. Membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan  ekonomi, pembangunan dan kesejahteraan rakyat;
  11. Membina dan mengarahkan aparat Kelurahan dalam melaksanakan tugasnya serta melaksanakan waskat;
  12. Melakukan pembinaan dan pengendalian atas pengelolaan administrasi urusan umum, kepegawaian, tata naskah dinas, perlengkapan dan aset, dan keuangan Kelurahan;
  13. Melakukan pembinaan terhadap kedisiplinan dan peningkatan kualitas aparat Kelurahan;
  14. Menyelenggarakan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah, instansi atau unit kerja terkait, serta melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan dalam lingkup Kelurahan;
  15. Menilai prestasi kerja Sekretaris Kelurahan dan para Kepala Seksi dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier,  serta  melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh camat baik lisan maupun tertulis.

Sekretariat Kelurahan dipimpin oleh seorang Sekretaris, mempunyai tugas menyiapkan bahan dalam rangka penyelenggaraan dan koordinasi pelaksanaan Urusan Umum dan Kepegawaian, Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan serta memberikan pelayanan administrasi dan fungsional kepada semua unsur dalam lingkungan kelurahan sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan pelaksanaan urusan umum dan kepegawaian, perencanaan, pelaporan dan pengelolaan keuangan;
  2. pemberian dukungan, pembinaan atas pelaksanaan urusan umum dan kepegawaian, perencanaan, pelaporan dan pengelolaan keuangan;
  3. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas Sekretariat;
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Lurah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana program dan kegiatan Sekretariat Kelurahan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Melaksanakan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya;
  3. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan agar berjala sesuai rencana, tepat waktu dan berkualitas;
  4. Mengelola dan mengoordinasikan pelaksanaan teknis administrsi kepada seluruh satuan organisasi Kelurahan;
  5. Melaksanakan surat menyurat untuk kepentingan kedinasan serta melakukan penataan arsip;
  6. Mengelola urusan yang terkait dengan rumah tangga;
  7. Mengelola urusan administrasi yang terkait dengan pengelolaan keuangan, meliputi LRA, CALK dan neraca, administrsi, penatausahaan keuangan lainnya;
  8. Mengelola urusan yang terkait dengan kegiatan umum;
  9. Mengelola urusan yang terkait dengan administrasi kepegawaian;
  10. Mengelola urusan administrasi yang terkait dengan perlengkapan dan peralatan;
  11. Melaksanakan penyiapan bahan dan penyusunan dokumen perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  12. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan Sekretariat;
  13. Mengoordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan kegiatan di lingkup Kelurahan;
  14. Menilai prestasi kerja staf dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di Seksi Pemerintahan sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud, Kepala seksi pemerintahan  mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan pelaksanaan tugas Seksi Pemerintahan;
  2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas Seksi Pemerintahan;
  3. pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pemerintahan;
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Pemerintahan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Melaksanakan kegiatan di Seksi pemerintahan;
  3. Menyelenggarakan kerjasama antar Kelurahan;
  4. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok Seksi Pemerintahan agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu dan berkualitas;
  5. Melaksanakan kegiatan administrasi kependudukan, inventarisasi aset daerah atau kekayaan daerah lainnya yang ada di wilayah Kelurahan;
  6. Memfasilitasi penyelesaian sengketa tanah milik pemerintah daerah;
  7. Melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah, instansi atau unit kerja terkait dalam rangka pelaksanan tugas;
  8. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di wilayah kerja Kelurahan
  9. Memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  10. Melakukan pembinaan, pemantauan dan pengawasan serta pengendalian pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di wilayah Kelurahan;
  11. Melaksanakan monitoring pelaksanaan tugas dan kegiatan Seksi;
  12. Melakukan evaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan Seksi;
  13. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Pemerintahan;
  14. Menilai prestasi kerja staf dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  15. Melaksanakan tugas kedinasi lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksi ketentraman dan ketertiban Umum sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud, Kepala seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan pelaksanaan tugas Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas Seksi ketentraman dan ketertiban Umum;
  3. pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas  Seksi keamanan dan ketertiban Umum; pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Melaksanakan program dan kegiatan seksi ketentraman dan ketertiban Umum;
  3. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok Seksi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu dan berkualitas;
  4. Menyelenggarakan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum diwilayah kerja Kelurahan;
  5. Melaksanakan koordinasi dan pembinaan perlindungan masyarakat di wilayah Kelurahan;
  6. Memfasilitasi kerukunan hidup antar umat beragama;
  7. Memfasilitasi penyelesaian sengketa tanah milik perseorangan dan/atau kelompok;
  8. Menyelenggarakan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah, instansi  terkait dalam rangka pelaksanaan tugas;
  9. Membina dan mengarahkan masyarakat untuk memelihara keamanan lingkungan dan menciptakan ketertiban umum;
  10. Membina dan mengarahkan kepada generasi muda untuk menghindari dan menjauhi pemakaian obat-obat terlarang seperti Narkoba dan semacamnya;
  11. Memantau, mengawasi dan mengendalikan sistim keamanan lingkungan sehingga tercipta situasi dan kondisi yang aman, tentram dan damai;
  12. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan Seksi;
  13. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Ketentraman dan Ketertiban;
  14. Menilai prestasi kerja staf dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan  lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di seksi ekonomi, pembangunan dan kesejahteraan rakyat sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud pada ayat, Kepala Seksi ekonomi, pembangunan dan Kesra mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan pelaksanaan tugas Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat;
  2. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat;
  3. pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat;
  4. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Rincian tugas sebagaimana dimaksud yang terkait dengan Seksi ekonomi, pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Melaksanakan program dan kegiatan seksi ekonomi, pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat;
  3. Memeriksa hasil pelaksanaan tugas Seksi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu dan berkualitas;
  4. Menfasilitasi dan mengoordinasikan penyelenggaraan pembangunan keagamaan dan organisasi sosial kemasyarakatan di wilayah Kelurahan;
  5. Melaksanakan dan memfasilitasi pemungutan atas pajak, retribusi penyaluran bantuan sosial di wilayah Kelurahan;
  6. Mengoordinasikan pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat, sarana pendidikan dan pelayanan kesehatan;
  7. Mempersiapkan pelaksanaan lomba atau penilaian Kelurahan tingkat kelurahan;
  8. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan usaha perkonomian  dan kesejahteraan rakyat di wilayah Kelurahan;
  9. Melaksanakan kegiatan dan pemberian rekomendasi dan/atau keterangan perizinan tertentu sesuai dengan kewenangannya;
  10. Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah, instansi terkait dalam rangka pelaksanaan tugas Seksi;
  11. Memantau, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
  12. Melaksanakan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan Seksi;
  13. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan Seksi;
  14. Menilai prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan  lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.